CARA MUDAH MEMBERSIHKAN JOK MOBIL KULIT DAN KAIN

CARA MUDAH MEMBERSIHKAN JOK MOBIL KULIT DAN KAIN

 Cara Mudah Membersihkan Jok Mobil Kulit Dan Kain - Jok Mobil adalah salah satu elemen yang cukup penting bagi pecinta otomotif. Karena jika jok mobil terawat dan nyaman, maka kita juga akan nyaman juga ketika berkendara. Namun sebagaimana kita tahu jok mobil seringkali terkena tumpahan berbagai cairan seperti minuman, makanan ataupun lainnya. Padahal  minuman seperti air susu ataupun minuman lainnya selain air putih yang tumpah dan merembes ke dalam jok mobil dapat menyebabkan bau yang tidak sedap pada mobil.



Selain menimbulkan bau yang tidak sedap, tumpahan minuman dan makanan tertentu juga bisa menyebabkan timbulnya jamur yang bisa mengundang perhatian berbagai hewan yang tidak disukai masuk ke dalam mobil dan juga nodanya juga dapat membuat jok mobil kita jadi berwarna kusam. Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa tips tertentu yang bisa kita lakukan. Namun sebelum membersihkan noda pada jok mobil, sebaiknya Anda siapkan terlebih dahulu bahan dan alat berikut :

  •     Serbet
  •     Kain bersih
  •     Sprayer
  •     Sikat besar
  •     Sikat gigi
  •     Air sabun deterjen
  •     Penyedot debu


Jika mobil Anda anda menggunakan jok yang berbahan kain, maka yang harus lebih diperhatikan ialah bahwa jok yang berbahan kain lebih cepat dalam menyerap air atau membuat cairan cepat merembes, sehingga kita harus lebih cepat dalam menanganinya. Sedangkan untuk mobil yang menggunakan jok yang berbahan kulit, itu lebih mudah untuk kita tangani, karena sifat dari kulit yang cukup lambat dalam menyerap air.

Berikut ini ada beberapa tips serta cara mudah membersihkan jok mobil kulit dan kain yang dapat kita gunakan untuk dapat membersihkan jok mobil karena tumpahan makanan, air susu ataupun cairan lainnya :


Bersihkan terlebih dahulu jok mobil Anda yang terkena cairan dengan memakai mesin penyedot debu.
Oleskan atau seprotkan cairan deterjen pada bagian jok mobil yang terkena tumpahan cairan sampai merata. Cairan penghilang noda pada jok mobil atau pembersih khusus jok mobil beludru/kain bisa dengan mudah didapatkan di supermarket ataupun di toko aksesoris mobil.


Setelah jok diberi cairan deterjen, kemudian Anda sikat dengan pelan menggunakan sikat yang halus bekas tumpahan pada jok mobil sampai noda pada jok mobil hilang. Untuk noda pada jok mobil yang cukup membandel, harus Anda ulangi beberapa kali sampai bersih. Namun tidak semua noda dapat dihapus dengan menggunakan cairan pembersih. Misalnya seperti tinta dan makanan atau minuman yang mengandung bahan pengawet, setidaknya noda tersebut membutuhkan kerja yang ekstra keras untuk membersihkannya.


Setelah noda hilang, keringkan bagian jok yang basah tersebut dengan memakai penyedot debu.
Agar bau bekas tumpahan pada jok mobil dapat hilang, Anda dapat semprotkan pengharum mobil yang wanginya sesuai kesukaan anda.


Agar kejadian seperti sebelumnya tidak terulang kembali, sebaiknya kita menggunakan sebuah penutup jok, sehingga jok mobil dapat terlindungi dari tumpahan cairan.

Demikian tips atau cara mudah membersihkan jok mobil kulit dan kain, agar Anda lebih nyaman dalam berkendara.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url