Karbohidrat Untuk Kesehatan Tubuh

Karbohidrat untuk Kesehatan Tubuh

Karbohidrat atau zat gula adalah sumber kalori utama bagi hampir seluruh penduduk dunia. Selain sebagai sumber kalori yang murah, keberadaan karbohidrat dalam makanan dapat menentukan rasa, warna, tekstur, dan tampilan makanan. Menjaga asupan karbohidrat termasuk salah satu faktor utama untuk mendapat tubuh yang sehat.

Karbohidrat untuk Tubuh Golongan karbohidrat


tertentu yang sangat bermanfaat bagi tubuh adalah berupa serat-serat (dietary fibre) yang sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Pada hewan dan tumbuhan, karbohidrat terdapat dalam  bentuk polisakarida, oligosakarida, disakarida, atau monosakarida.
Tubuh kita sangat butuh karbohidrat terutama dari jenis monosakarida glukosa sebagai sumber energi tubuh.


Karbohidrat

Karbohidrat dalam bentuk monosakarida adalah karbohidrat yang paling sederhana. Disakarida terbentuk dari dua monosakarida. Karena berasa manis, beberapa monosakarida dan disakarida disebut zat gula. Jika lebih dari dua monosakarida bergabung maka akan terbentuk oligosakarida. Polisakarida adalah karbohidrat yang paling kompleks, yang terdiri dari banyak sekali monosakarida melalui reaksi polimerasi. 


Sumber bahan makanan yang kaya akan karbohidrat


Sumber bahan makanan yang kaya akan karbohidrat dapat ditemukan pada beras, gandum, jagung, dan umbi-umbian. Rajin mengkonsumsi bahan makanan ini agar kebutuhan karbohidrat anda dapat terpenuhi. Jika kebutuhan karbohidrat dapat terjaga, artinya energi juga dapat terjaga, dan jika kebutuhan energi dapat terpenuhi, maka tentunya kita tubuh kita akan sehat dan dapat melakukan aktivitas dengan baik. Menjaga karbohidrat disini berarti tidak boleh kekurangan atau kelebihan, artinya jagalah karbohidrat tubuh dalam takaran yang pas. Kelebihan atau kekurangan karbohidrat sangat tidak baik bagi tubuh karena menjadi penyebab utama dari timbulnya penyakit-penyakit tertentu, khusus untuk ini akan kita bahas pada ulasan yang lain.

Sekian ulasan tentang Karbohidrat untuk Kesehatan Tubuh, semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url