Ruang Lingkup Biologi

Ruang Lingkup Biologi

BACAINI.COM - Ruang Lingkup Biologi - Berawal dari permasalahan yang melingkupi kehidupan manusia semakin kompleks. Hal ini mendorong semakin banyak orang yang tertarik untuk mempelajari apa itu biologi seta manfaat mempelajari biologi.

Apa itu Biologi?

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup serta lingkungannya. Berdasarkan definisi biologi tersebut, maka tidak bisa dipungkiri bahwa kajian biologi sangatlah luas sekali, karena tidak hanya berkisa manusia dah hewan saja, melainkan juga habitat atau lingkungan tempat tinggal makhluk hidup.

Luasnya kajian biologi tersebut pada dasarnya bisa disederhanakan menjadi ruang lingkup biologi. Ada 11 ruang lingkup biologi dari tingkatan sederhana hingga kompleks, yaitu berikut.

1. Tingkat Molekul

Setiap makhluk hidup tersusun atas komponen yang paling sederhana yang di sebut molekul. Contoh molekul antara lain air, glukosa, protein, DNA dan RNA.

2. Tingkat Sel

Molekul-molekul sederhana akan bergabung membentuk senyawa yang lebih kompleks, selanjutnya terbentuk organel dan akhirnya terbentuklah sel.

3. Tingkat Jaringan

Sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama akan membentuk suatu jaringan. Jaringan pada hewan antara lain, jaringan otot, jaringan saraf, jaringan epitel, dan lain sebagainya. Jaringan pada tumbuhan antara lain, jaringan epidermis, jaringan pengangkut, jaringan parenkim, dan lain sebagainya

4. Tingkat Organ

Sekelompok jaringan yang mempunyai fungsi tertentu membentuk suatu organ. Contoh organ yaitu jantung, ginjal, lambung, paru-paru, dan lain-lain.

5. Tingkat Sistem Organ

Organ-organ yang saling berkaitan melakukan fungsi tertentu membentuk suatu sistem disebut Sistem Organ.

6. Tingkat Individu (organisme)

Individu dapat berupa organisme sel tunggal (uniseluler) dan organisme bersel banyak (multiseluler). Contoh bakteri, protozoa merupakan organisme sel tunggal, sedangkan manusia, kucing, pohon merupakan organisme bersel banyak.

7. Tingkat populasi

Individu-individu yang sejenis berkumpul di suatu tempat serta dapat melakukan reproduksi disebut tingkat populasi. Contoh populasi semut, rayap, dan lain-lain.

8. Tingkat Komunitas

Kumpulan beberapa populasi berbeda membentuk sebuah komunitas, misalnya di suatu halaman sekolah terdapat populasi rumput, semut, cacing, dan lain-lain.

9. Tingkat Ekosistem

Pada tingkatan ekosistem, kumpulan beberapa populasi tersebut terjadi interaksi antar populasi (biotik) dan juga faktor biotik seperti interaksi rumput menancapkan akarnya ke tanah.

10. Tingkat Bioma

Tingkat Bioma memiliki wilayah yang lebih luas dan bisa terdiri dari beberapa ekosistem, dan yang terpenting adalah bioma memiliki atau dipengaruhi cuaca tertentu.

11. Tingkat Biosfer

Tingkat Biosferbagian luar dari planet Bumi, mencakup udara, daratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url